Kamis, 20 September 2012

Pengertian Remaja

 

Seringkali dengan mudah orang mendefinisikan remaja sebagai periode transisiantara masa anak-anak ke masa dewasa, atau masa usia belasan tahun, atau seseorang yang menunjukkan tingkah laku tertentu seperti susah diatur, mudah terangsang perasaannya, dan sebagainya.

Masalahnya sekarang, kita tidak dapat berhenti dengan hanya menyatakan bahwa mendefinisikan remaja itu sulit. Sulit atau mudah, masalah-masalah yang menyangkutkelompok remaja kian hari kian bertambah. Berbagai tulisan, ceramah, maupun seminar yang mengupas berbagai jenis kehidupan remaja, termasuk kenakalan remaja, perilaku seksual remaja, dan hubungan remaja dengan orang tuannya, menunjukkan betapa seriusnya masalah ini dirasakan oleh masyarakat. Dengan perkataan lain, masalah remaja sudah menjadi kenyataan sosial dalam masyarakat kita. terlebih lagi kalau dipertimbangkan bahwa remaja sebagai generasi adalah yang akan mengisi berbagai posisi dalam masyarakat dimasa yang akan datang, yang akan meneruskan kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara di masa depan
.
Remaja itu dapat dikatakan sebagai periode pemantapan identitasdiri, dapat pula dikatakan masa strom and stress, up and down. Dalam hal ini remaja dapat dibagi dua bagian, yaitu:
  1. Masa remaja awal (usia 13-17 tahun)
  2. Masa remaja akhir (usia 17-18 tahun) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar